Pengolahan Data Statistik Dengan SPSS DAN KOMPUTER STATISTIK

SPSS DAN KOMPUTER STATISTIK

SPSS sebagai sofware statistik pertama kali dibuat tahun 1968 oleh tiga mahasiswa Stanford University, yakni Norman H. Nie, C. Hadlai Hull dan Dale H. Bent. Saat itu software dioperasikan pada komputermainframe. Setelah penerbit terkenal McGraw-Hill menerbitkan user manual SPSS, program tersebut menjadi populer. Pada tahun 1984, SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+, dan sejalan dengan mulai populernya sistem operasi Windows, SPSS pada tahun 1992 juga mengeluarkan versi Windows. Dan untuk memantapkan posisinya sebagai salah satu market leader dalambusiness intelligence, SPSS juga menjalin aliansi strategis dengan software house terkemuka dunia lainnya, seperti Oracle Corp., Business Object, serta Ceres Integrated Solutions.

Hal ini membuat SPSS yang tadinya ditujukan bagi pengolahan data statistik untuk ilmu sosial (SPSS saat itu adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences), sekarang diperluas untuk melayani berbagai jenis user, seperti untuk proses produksi di pabrik, riset ilmu-ilmu sains, dan lainnya. Dan kepanjangan dari SPSS sekarang menjadi Statistical Product and Service Solutions. Pengguna software SPSS di seluruh dunia juga sangat beragam, seperti HSBC Bank, ABN AMRO Bank, AC Nielsen (biro riset pemasaran terbesar di dunia), American Airlines, British Telecom- munications, Deutsche Telekom, Canon UK, Credit Suisse, Unilever, University of Chicago, New York University, dan perusahaan besar lainnya. Saat ini SPSS tidak hanya menangani permasalahan statistik saja, namun sudah meluas ke data mining (mengeksplorasi data yang telah terkumpul) dan predictive analytic.

WINDOWS SPSS

SPSS menyediakan beberapa window, yang meliputi:

  1. Window SPSS Data Editor

  2. lihat bagian kiri atas tampilan SPSS

    Windows ini terbuka secara otomatis setiap kali program SPSS dijalankan dan berfungsi untuk input data SPSS. Pada Data Editor juga dijumpai berbagai menu utama untuk manipulasi data input dan proses data dengan berbagai macam metode statistik.

  3. Window SPSS VIEWER

  4. ada bagian kiri atas tampilan SPSS

    Jika Data Editor berfungsi untuk memasukan data yang siap diolah oleh SPSS, kemudian melakukan pengolahan data yang dilakukan lewat menu Analyze, maka hasil pengolahan data atau informasi ditampilkan lewat window SPSS VIEWER atau bisa disebut Viewer saja. Isi viewer bisa berupa sebuah Tabel, sebuah Grafik, sebuah Teks, atau kombinasi ketiganya.

  5. Window Syntax Editor

  6. Walaupun SPSS sudah menyediakan berbagai macam pengolahan data statistik secara memadai, namun ada beberapa perintah atau pilihan yang hanya bisa digunakan dengan SPSS Command Language. Perintah-perintah tersebut bisa ditulis pada Menu Syntax Editor. Menu ini berupa file teks yang berisi berbagai perintah SPSS, dan bisa diketik secara manual. Penggunaan window Syntax dijelaskan pada folder TIP TRIK OTOMATISASI PROGRAM SPSS.

  7. Menu Script Editor

  8. Menu Script pada dasarnya digunakan untuk melakukan berbagai pengerjaan SPSS secara otomatis, seperti membuka dan menutup File, ekspor Chart, penyesuaian bentuk output, dan lainnya. Isi menu ini sama dengan menu sebelumnya hanya ditambah dengan submenuScript untuk membuat berbagai subrutin dan fungsi baru, serta submenuDebug untuk melakukan proses debug pada script.

About these ads

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Tulisan ini dipublikasikan di Computer, Kuliah Biologi, SPSS, Statistik dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Pengolahan Data Statistik Dengan SPSS DAN KOMPUTER STATISTIK

  1. Dika berkata:

    kunjungan balik, linknya dah nancep bozzz ( http://dikasoft.wordpress.com/tips&tricks/mylink ), makasih dah mampir….lam kenal….mohon saran & kritiknya …matur tengkyu

  2. Blognya berguna banget dalam perangkat pembelajaran komputer dan pengembangan laboratorium.
    Mahasiswa jadi mudah menganalisis datanya.
    Thanks for attention ………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s