Limbah Pabrik Kelapa Sawit

Indonesia mempunyai potensi yang cukup besar untuk pengembangan industri kelapa sawit. Pada saat ini perkembangan industri kelapa sawit tumbuh cukup pesat. Mempunyai dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakat. Dampak positif yaitu meningkatkan devisa negara dan kesejahteraan masyarakat meningkat, sedangkan dampak negatif yaitu menimbulkan limbah yang dapat mencemari lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik.

Definisi limbah adalah kotoran atau buangan yang merupakan komponen penyebab pencemaran terdiri dari zat atau bahan yang tidak mempunyai kegunaan lagi bagi masyarakat. Limbah industri kebanyakan menghasilkan limbah yang bersifat cair atau padat yang masih kaya dengan zat organik yang mudah mengalami peruraian. Kebanyakan industri yang ada membuang limbahnya ke perairan terbuka, sehingga dalam waktu yang relatif singkat akan terjadi bau busuk sebagai akibat terjadinya fermentasi limbah (Agustina, 2009).

Kelapa sawit adalah salah satu komoditi andalan Indonesia yang perkembangannya demikian pesat. Selain produksi minyak kelapa sawit yang tinggi, produk samping atau limbah pabrik kelapa sawit juga tinggi.

Propinsi Riau merupakan daerah penghasil CPO terbesar di Indonesia yaitu dengan produksi 3,3 juta ton pertahun atau hampir 30 persen dari total produksi sawit Indonesia. Dengan angka produksi sebesar ini maka CPO parit yang dihasilkan adalah 0.1065 juta ton atau 106,5 ribu ton (Afrizal, 2007).

Secara umum limbah dari pabrik kelapa sawit terdiri atas tiga macam yaitu limbah cair, padat dan gas. Limbah cair pabrik kelapa sawit berasal dari unit proses pengukusan (sterilisasi), proses klarifikasi dan buangan dari hidrosiklon. Pada umumnya, limbah cair industri kelapa sawit mengandung bahan organik yang tinggi sehingga potensial mencemari air tanah dan badan air. Sedangkan limbah padat pabrik kelapa sawit dikelompokan menjadi dua yaitu limbah yang berasal dari proses pengolahan dan yang berasal dari basis pengolahan limbah cair. Limbah padat yang berasal dari proses pengolahan berupa Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS), cangkang atau tempurung, serabut atau serat, sludge atau lumpur, dan bungkil. TKKS dan lumpur yang tidak tertangani menyebabkan bau busuk, tempat bersarangnya serangga lalat dan potensial menghasilkan air lindi (leachate). Limbah padat yang berasal dari pengolahan limbah cair berupa lumpur aktif yang terbawa oleh hasil pengolahan air limbah (Wahyono, 2009).

About these ads

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Tulisan ini dipublikasikan di Biologi, Kuliah Biologi, Pendidikan dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Limbah Pabrik Kelapa Sawit

  1. bistock pardamean s berkata:

    nice posting bro…
    bisa berbagi daftar pustaka dr posting ttg “Limbah Pabrik Kelapa Sawit
    Posted on 22 November 2010 by belalangtue” gak?
    mohon bantuannya kk…
    saya lg nyusun laporan ttg limbah PKS…
    MOHON di bantu yah kk…

  2. candra berkata:

    Memang. Semua manusia membutuhkan penghidupan yang layak,maka dari itu sebagian masyarakat mau didirikan oleh pihak perusahaan,pabrik di lingkungan di mana ia bertempat tinggal ia berada. Akan tetapi dampak yang di timbulkan sangatlah senipikan tampa kita sadari.Di dekat rumah teman saya ada pabrik PT Novika Jaya (Sumut) tepatnya Labusel,di sini pengelolaan limbah sangat jelek (tak wajar),Di kala musim hujan limbah indikasi di alirkan ke sungai Barumun,entah dari bak penampungan yang nomor berapa kamipun tak mengetahui, karena apa bila masyarakat ingin menanyakan hal tersebut ke pihak PT tentang limbahnya,PT nocomet. Dan belum lagi limbah yang berserakan,lewat parit atau lobang-lobang di pekarangan rumah warga,yang dekat dengan PT tersebut,sangat menyiksa dan menyesakan dada dengan aroma yang tak sedap tersebut.Dan anehnya sudah beberapa kali masyarakat Demon ke pemerintahaan yang terkait,namun hasilnya ya…..begitu-gitu aja yang katanya pihak PT akan menyelesaikan dengan masyarakat Sisumut.dan akan membetuli tempat-tempat bak penampungan limbah tersebut,semua itu hanyalah isapan jempol belaka,dan anehya pihak dinas BLH setempat sepertinya nocomet juga,kalau tidak masyarakat yang ribut, dinas badan lingkungan hidup sepertinya diam-diam saja.(Komentar daerah saya)

  3. zhenhella berkata:

    Gan,umumnya saat ini instlansi pengelolaan limbah pabrik kelapa sawit y baik tu gmna ya?

  4. Anonymous berkata:

    tanaman apa atau bunga apa yg dapat menetralisir bau limbah sawit.dan ditanam disekitar limbah.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s