Membuat Daftar Isi (Episode 2)

Pada tutorial sebelumnya menganai membuat Link Master Powerpoint atau daftar isi bagian 1, dengan daftar isi sebagai berikut :
A. Pendahuluan
B. Tinjaua Pustaka
C. Metode Penelitian
D. Analisis Data
E. Penutup
Daftar Pustaka

Maka pada bagian 2 ini akan membahas bagaimana sekiranya jika pada bagian A, B, C, D, dan E memiliki point-point seperti terlihat di bawah ini, tapi sebelum membaca bagian 2, sebaiknya anda membaca bagian 1

  • A. Pendahuluan
    1. Latar Belakang
    2. Rumusan Masalah
    3. Tujuan Penelitian
    4. Manfaat Penelitian
  • B. Tinjauan Pustaka
    1. Media Pembelajaran
    2. Defenisi ICT
    3. Hasil Belajar
  • C. Metode Penelitian
    1. Materi dan Sarana Penelitian
    2. Pelaksanaan Penelitian
    3. Teknik Pengumpulan Data
    4. Tekinik Analisis Data
  • D. Analisis Data
    1. Analisis Data
    2. Pembahasan
  • E. Penutup
    1. Kesimpulan
    2. Saran
  • Daftar Pustaka

Sebelum lanjut membahas cara membuatnya, mungkin sebaiknya kita satukan ide tentang bagaimana kalau sekiranya kita tidak usah menampilkan secara keseluruhan point-point daftar isi, tetapi cukup dengan membuka 1 (satu) daftar isi maka point-pointnya yang ditampilkan sedangkan point-point lain dari daftar isi tidak ditampilkan, sebab dengan menampilkan daftar isi lengkap dengan point-point akan membuat arena daftar isi akan lebih ramai dan kurang Nyaman dipandang Mata.

Saya akan ilustrasikan seperti ini, jika saat ini Anda ada pada halaman Daftar Pustaka (daftar isi ditampilkan hanya 6 : A, B, C, D, E, dan Daftar Pustaka) dan Anda ingin ke bagian B. Tinjauan Pustaka ke point 2. Defenisi ICT, maka dengan cara klik teks B. Tinjauan Pustaka, maka Anda akan di bawah pada slide bagian B. Tinjauan Pustaka yang point-pointnya ada 3 (1. Media Pembelajaran, 2. Definisi ICT, 3. Hasil Belajar) karena kita mau ke halaman point 2. Definisi ICT maka dengan klik teks tersebut kita akan di bawah ke halaman slide B. Tinjauan Pustaka point 2. Definisi ICT. Lebih jelasnya perhatikan di bawah ini!

Tampilan kita berada pada slide Daftar Pustaka

  • A. Pendahuluan
  • B. Tinjauan Pustaka
  • C. Metode Penelitian
  • D. Analisis Data
  • E. Penutup
  • Daftar Pustaka

Kemudian klik B. Tinjauan Pustaka, akan ditampilkan point-point dari B. Tinjuan Pustaka, lihat di bawah ini!

  • A. Pendahuluan
  • B. Tinjauan Pustaka
    1. Media Pembelajaran
    2. Defenisi BIOLOGI
    3. Hasil Belajar
  • C. Metode Penelitian
  • D. Analisis Data
  • E. Penutup
    Daftar Pustaka

Karena kita berada pada bagian B lengkap dengan point-point, maka bagian A, C, D, dan E tidak ditampilkan point-pointnya.

Untuk membuat daftar isi seperti ini, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan Anda Buat dulu contohnya yang sesuai pada bagian pertama, biar Anda ikuti tutorial ini lebih baik lagi,
  2. Jika Anda sudah membuat seperti bagian tutorial yang pertama  lalu silahkan tes (F5) dulu apakah sudah bagus system hyperlinknya
  3. Kembali ke halaman kerja powerpoint (contohnya) slide halaman 1 bagian A. Daftar Isi, lalu tambahkan kotak (rectangle >>> Insert – shapes – rectangle) lalu tambahan teks (add teks) 1. Latar Belakang, copy vaste kotak teks tersebut sampai 3 kali lalu silahkan ganti teksnya masing-masing menjadi 2. Rumusan Masalah, 3. Tujuan Penelitian, 4. Manfaat Penelitian
  4. Silahkan Anda susun sesuai urutan angka di bawah hyperlink (daftar isi) A. Pendahuluan, aturlah sebagus mungkin jarak dari atas-bawah, kanan-kiri!
  5. Anda masih bekerja pada slide 1, langkah selanjutnya adalah tambahkan slide baru (new slide) pas di bawah slide pertama sebanyak 3 slide (kalau ikuti contoh sekarang slide Anda 9 halaman)
  6. Kembali ke slide 1, mulai memberikan hubungan antar slide dengan sistem hyperlink (link dalam satu file) atau baca kembali cara hyperlink  :
    • 1. Latar Belakang anda hyperlink dengan slide 1,
    • 2. Rumusan Masalah anda hyperlink dengan slide 2,
    • 3. Tujuan Penelitian anda hyperlink dengan slide 3
    • 4. Manfaat Penelitian anda hyperlink dengan slide 4
  7. Setelah memberikan link pada point-point tersebut, maka lanjutkan dengan cara drag semua daftar isi A. …, (lengkap dengan point-point), B. …, C. …, D. …, E. …, dan Daftar Pustaka lalau klik kanan dan pilih copy dan vaste pada slide 2, 3, dan 4 (dimana slide tersebut masih kosong)
  8. Selesai membuat daftar isi untuk bagian A. Pendahuluan dengan point-pointnya (1,2,3, dan 4) silahkan coba dulu menekan F5,
  9. Bagaimana dengan cara pada bagian B. Tinjauan Pustaka,buka slide ke 5 lalu tambahkan kotak teks dan tuliskan point-point jika sudah menambah silahkan ganti teks ke 2 dan 3 sesuai pointnya lalu atur di bawah daftar isi B. Tinjauan Pustaka
  10. Perhatikan di slide 5 tidak ada point-point untuk bagian A. Pendahuluan (acuhkan saja, karena kita sepakat akan hal tersebut, lalu tambahkan 2 slide baru di bawah slide 5,
  11. Mulailah memberikan link pada point 1 dengan slide 5, point 2 link dengan slide 6, point 3 link dengan slide 7
  12. kemudian drag semua daftar isi di slide 5 (lengkap) lalu vaste di slide 6 dan 7
  13. silahkan tekan F5,

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Computer, PowerPoint dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar