EVOLUSI

EVOLUSI
Evolusi adalah perubahan yang terjadi pada mahluk hidup dalam waktu yang relative lama.
Evolusi pada dasarnya berarti proses perubahan dalam jangka waktu tertentu.
Dalam konteks biologi modern, evolusi berarti perubahan frekuensi gen dalam suatu populasi.
1. Bukti-bukti Evolusi
Fosil merupakan bukti adanya kehidupan pada masa lampau, demikian pendapat leonardo da vinci ilmuwan italia, pada tahun 1452 – 1519. Fosil berasal dari kata fodere yang berarti menggali.Fosil adalah sisa – sisa hewan atau tumbuhan dari zaman purba yang telah membatu (jejak – jejak yang tersimpan dalam bebatuan).
1) Penemuan Fosil Kuda
Hasil rekonstruksi penemuan fosil kuda oleh marsh dan osborn pada evolusi kuda sangat baik dan jelas sekali arah umum perkembangannya.
perubahan utama yang terjadi pada evolusi kuda ini disebabkan oleh perubahan pada lingkungan, misalnya: Perubahan pada jumlah jari dan membesarnya jari disebabkan karena menyesuaikan diri pada tempat berpijaknya , yang mulanya hutan berawa menjadi padang rumput.Perubahan geraham menjadi tinggi dan bergerigi disebabkan karena menyesuaikan diri dengan jenis makanannya yang semula buah – buahan lunak menjadi rumput yang mengandung silika.
2) Evolusi Fosil Manusia
Ordo primata memiliki 2 subkelompok yaitu prosimian dan anthropoid. Prosimian adalah kelompok primata sebelum kera misalnya lemur, loris, tarsius. Antropoid adalah kelompok primate termasuk kera dan monyet , aves, dan manusia yang rata – rata memiliki otak yang lebih besar. Ciri – ciri prosimian adalah ibu jari dapat digerakkan kesegala arah, jari memiliki kuku, dan mata mengarah kedepan. Prosmian mulai punah pada zaman eosin.Evolusi hominid ( cikal bakal manusia ) dimuali diafrika.Hominid awal termasuk genus australopithecus, diperkirakan muncul 3,8 juta tahun lalu.
Bukti dari anatomi perbandingan dapat dilihat dari homologi. homologi adalah alat / organ tubuh yang asal filogenetiknya serta struktur dalamnya pada dasarnya sama, namun fungsinya dapat berlainan . Misalnya sirip ikan paus fungsinya untuk berenang di perairan sehingga organ ini menyesuaikan dengan tempat hidupnya di air, homolog dengan kaki depan anjing atau kuda yang fungsinya untuk berjalan. sayap burung fungsinya untuk terbang, sedangkan tangan manusia untuk memegang. Alat-alat tersebut adalah homolog.Karena arah evolusinya berbeda-beda maka terjadilah perubahan adaptif yang berbeda-beda pada organ, sehingga fungsi organ tersebut menjadi berbeda.Struktur homolog tertua adalah organ vestigial yang merupakan struktur yang mengalami rudimentasi (mengecil).Organ vestigial adalah sisa / peninggalan sejarah.Struktur vestigial pada mulanya adalah struktur yang memiliki fungsi penting pada nenek moyang namun tidak selamanya digunakan.Misalnya rangka ular dari beberapa jenis memiliki organ vestigial yang berupa tulang pelvis dan kaki yang diduga berasal dari nenek moyang.

Kelanjutan artikel ini bisa di download di SINI

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Kuliah Biologi dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s