Cara Install Windows XP pada Apple

Install Windows XP di MACBOOK emang lumayan bingung pada awalnya, tidak seperti install Windows XP pada notebook biasa.
yang bikin bingung mau masuk bios tidak bisa alias gak tau caranya hehe, memasukkan CD bisa tapi mau mengeluarkan bingung cari tombol open/closenya, wah bingung abis dech try, try n try…
setelah utak-atik + baca di situs apple selama dua hari akhirnya kebuntuanpun sirna….Alhamdulillah……..

Cara Install Windows XP di MACBOOK :

  1. Kalau sistem operasi Macbook anda masih yang lama (sekarang MAC OSX 10.5) download bootcamp, install dan jalankan
  2. kalau sitem operasinya sudah MAC OSX 10.5 Leopard, anda tidak perlu cari tools lain, semua sudah tersedia.
  3. Masukkan CD Windows XP Service Pack 2 . kemudian hidupkan macbook anda
  4. Ingat sebelum meneruskan install, pastikan anda ingat username dan password admin di MAC OSX nya.
  5. Klik Aplications>tools>bootcamp dan akan muncul seperti gambar dibawah ini.
  6. klik windows 5 GB dan Bikin partisi windowsnya, defaultnya 5 gb anda bisa maksimalkan menjadi 32 gb atau tergantung kebutuhan anda tinggal clik use 32 gb kemudian klik PARTITIONS.
  7. Sekarang anda sudah siap install windows XP “Klik Start Installation, jangan salah memformat, ingat partisi yang akan di install adalah Fat32.
  8. bikin partisinya kemudian format
  9. ikuti petunjuk selanjutnya seperti halnya menginstall windows XP di komputer biasa anda.
    Setelah selai keluarkan CD windows XP anda, dengan cara Buka Windows Explorer, klik kanan pada CD, kemudian klik eject
  10. sekarang masukkan CD MAC OS-X disk 1 ke CDROM Macbook, untuk menginstal Drivernya, ikuti langkah selanjutnya hingga finish.
  11. Macbook anda sudah terinstal dengan 2 Operating Sistem yaitu MAC OSX 10.5 dan Windows XP.
  12. Untuk memunculkan menu pilihan ke dua Operating Sistem tersbut matikan/restart MAcbook, tekan dan tahan tombol “Options” maka akan muncul seperti gamabar di bawah ini.
  13. Untuk menseting default booting : Masuk melalui MAC OSX kemudian klik System Preference, klik Starup Disk.


14.   Kemudian klik Sistem operasi mana yang mau dijalankan Secara otomatis (Kalau anda memilih MAC OSX berarti MAcbook anda akan boting langsung dengan MAC OSX dan kalau pilih Windows MAcbook anda akan booting/Startup menggunakan Windows), setelah itu klik restart.

Dan akhirnya succes full dech….oh iya sepengalaman ku bootcamp lebih unggul dibandingkan dengan cara yang lainnya…kalo cara yang lain gak memuaskan karena aku dah coba semuanya n yang paling bikin hati jatuh cinta yaitu dengan menggunakan bootcamp……

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Computer, pemrograman, tutorial dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Cara Install Windows XP pada Apple

  1. farid berkata:

    aku pingin nanya nie……aku punya MAC OSX 10.5…….setelah di install windows app bootcamp’nya hilang…gimana yach cara tuk masuk lagi ke tampilan mac

    • belalangtue berkata:

      caranya : Untuk memunculkan menu pilihan ke dua Operating Sistem tersbut matikan/restart MAcbook, tekan dan tahan tombol “Options” pada keyboard anda hingga muncul gamabar dua pilihan yaitu mac dan windows(seperti gambar diatas pada postingan di halaman ini),,untuk pilihan mac maka akan masuk ketampilan macnya.

  2. Anonim berkata:

    bagaimana cara menghilangkan instalasi win xp di mac?

  3. abe berkata:

    mau tanya kebalikannya om, kl mau install mac os di laptop intel gmn caranya ?

  4. eep berkata:

    gan numpang nanyak, ak dah instal win xp d apple macbookq, tapi sampe skarang ak masih blom dapet driver2 yg d butuhin buat laptpq, gan info linkx driver macbook yg bisa d xp donk gan, sabrang90@yahoo.com, mohon bantuanx gan….thx u….

  5. kawaikamui berkata:

    trims gan, infonya ngomong2 yg yg nomer 10 driver apa yg harus diinstall?

  6. Hellik Hermawan berkata:

    makasih infonya,🙂 sangat bermanfaat sekali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s