Karakteristik Pembelajaran Biologi

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah ilmu pengetahuan yang objek telaahnya adalah alam dengan segala isinya termasuk bumi, tumbuhan, hewan serta manusia. Jika dilihat dari namanya IPA diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang sebab akibat dari kejadian-kejadian yang terjadi dialam ini (Winatapura, 1993).

Menurut Sudjoko (2000), biologi merupakan bagian dari bidang studi Ilmu Pengetahuan alam (IPA). Sebagian dari bidang studi IPA, memiliki ciri atau karakteristik yang jelas yaitu :

  • Objek dan persoalan
  • Objek dan persoalan (masalah yang menjadi kajian) akan menentukan macam disiplin atau ilmu. Pada biologi objek kajiannya adalah makhluk hidup dan aspek kehidupannya baik dimasa lampau maupun sekarang.

  • Metode keilmuan
  • Perbedaan objek dan persoalan memberikan konsekuensi cara dan prosedur tentang cara penemuan fakta dan konsep keilmuan ataupun cara mempelajari dan memecahkan persoalan yang dikaji.

  • Kecenderungan perkembangan
  • Ilmu merupakan hasil budaya manusia dari dan untuk manusia, oleh karena itu kebutuhan-kebutuhan kehidupan manusia sering menyebabkan subjektivitas dalam arahan perkembangan ilmu dari waktu kewaktu, misalnya biologi masa kini menekankan pada persoalan biologi masa depan.

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Kuliah Biologi, Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Karakteristik Pembelajaran Biologi

  1. Anonim berkata:

    daftar pustakanya donk.

  2. dhian chan berkata:

    thank you thank you 😀

Tinggalkan komentar