Melawan Radikal Bebas dengan Antioksidan

Radikal bebas dituding sebagai penyebab berbagai penyakit kronis yang banyak menimpa manusia termasuk kanker. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang kehilangan pasangannya dan berusaha mencari pasangan dengan menempel pada sel sehat yang sudah berpasangan. Inilah yang menyebabkan kerusakan sel yang akhirnya memicu kanker. Tubuh sendiri memang menghasilkan radikal bebas dalam proses oksidasi. Tapi faktor eksternal juga banyak berperan dalam berkembangnya radikal bebas seperti lingkungan sekitar sudah banyak dipenuhi polusi udara, asap rokok, termasuk juga sinar ultraviolet A dan B. Sebenarnya tubuh  punya senjata untuk melawan radikal bebas ini yaitu antioksidan. Namun ketika jumlah radikal bebas sudah sangat banyak, tubuh membutuhkan asupan antioksidan untuk membantu meredam serangan radikal bebas. Efek radikal bebas akan terakumulasi seiring bertambahnya usia. Efek radikal bebas yang paling terlihat adalah penuaan, kerutan, dan kulit jadi kusam.

 
Berikut beberapa tips untuk melawan radikal bebas:
  • Sayur dan Buah
    Masukkan sayur dan buah dalam menu Anda setiap hari. Sayur dan buah kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang mampu melawan pertumbuhan radikal bebas. Vitamin E mampu meredam radikal bebas. Begitu juga dengan Vitamin C. Berbagai studi telah mengungkapkan bahwa orang yang menjaga asupan vitamin E dan C akan cenderung mempunyai risiko lebih kecil terkena kanker.
 
  • Gaya Hidup
    Bila Anda mempunyai kebiasaan merokok, berhentilah sesegera mungkin. Rokok mengandung berbagai elemen yang dapat menyuburkan perkembangan radikal bebas. Selain itu, polusi udara juga punya peran penting dalam perkembangan radikal bebas dalam tubuh. Gunakan masker saat Anda berada di daerah yang memiliki tingkat polusi udara yang tinggi. Usahakan diri Anda terpapar sesedikit mungkin oleh udara yang tidak baik.
 
  • Olahraga Teratur
    Olahraga memang banyak membawa manfaat. Salah satu manfaatnya adalah memerangi radikal bebas. Olahraga yang disarankan adalah olahraga dengan intensitas ringan dan dilakukan rutin. Sangat tidak dianjurkan berolahraga terlalu berat sampai tersengal-sengal. Saat Anda berolahraga terlalu berat, tubuh juga membakar oksigen lebih cepat dan dari proses oksidasi itu menghasilkan radikal bebas yang melebihi jumlah yang bisa di toleransi oleh tubuh. Imbangi olahraga dengan asupan makanan sayuran hijau dan buah.
 
  • Melindungi Kulit
    Radikal bebas juga ada yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Biasakan untuk memakai tabir surya dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. 
 

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Biologi, Gaya Hidup, Kesehatan, Makanan, Turun Berat Badan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s