Mengatur Tata Letak Media Presentasi (Yang diDesain Sendiri)

Secara standar fasilitas slide PowerPoint telah mengatur bentuk-bentuk slide, hal ini ditunjukkan ketika Anda untuk pertama kalinya membuka PowerPoint maka pada slide 1 disediakan kotak teks sebanyak dua kotak teks.

Posisi kedua kotak teks berada di tengah-tengah baik ditinjau dari posisi vertikal (dari atas ke bawah) maupun posisi horizontal (dari kiri ke kanan), hal ini disediakan pada slide 1 yang memang diperuntukkan untuk judul presentasi dan nama presenternya sendiri.

Begitupun pada slide berikutnya (2, 3, 4, dst). Cuman, posisi kotak teksnya sudah berada pada posisi yang berbeda dengan slide 1, posisi vertikalnya sudah merapat ke atas dan ukuran kotak teks dari posisi horisontal hampir memenuhi halaman slide. Semua slide seperti ini secara standar disediakan oleh Microsoft Office PowerPoint yang kemudian saya mengistilahkan dengan istilah tata letak. Ada dua posisi yang disediakan oleh Microsoft Office PowerPoint dalam desain tata letak, yaitu: (1) kotak teks judul dan (2) kotak teks untuk isi/materi

Yang ingin saya tawarkan jika seandainya apa yang disediakan oleh Microsoft Office PowerPoint kurang memuaskan atau kadang tidak digunakan. Tata letak yang didesain sendiri perlu mempertimbangkan tiga posisi, tiga posisi tersebut hanya kita tempatkan pada halam slide 2, 3, 4, dst. Pertimbangan tata letak, yaitu:

  1. Judul
  2. Posisi judul tetap berada di atas

  3. Isi atau materi presentasi
  4. Posisinya di bawah posisi judul

  5. Daftar isi
  6. Posisinya di sebelah kanan layar kerja komputer Anda, manfaat posisi daftar isi untuk mempermudah alur perpindahan slide ke slide lainnya, sistem ini memanfaatkan cara kerja hyperlink

Hasil tata letak yang telah dirancang, seperti pada gambar berikut ini

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Computer, PowerPoint dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Mengatur Tata Letak Media Presentasi (Yang diDesain Sendiri)

  1. colbin berkata:

    nice..
    lam knal bro,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s