Waspadai Gula Tersembunyi dalam Makanan Anda

Gula adalah sumber energi yang membuat Anda mampu beraktivitas sepanjang hari. Beberapa badan kesehatan dunia merekomendasikan jumlah gula yang aman untuk dikonsumsi per hari adalah di kisaran 40-60 gram. Mungkin Anda berpikir bahwa Anda tidak mungkin mengonsumsi gula sebanyak itu. Tapi apakah Anda pernah menghitung kadar gula di makanan Anda? Gula yang dimaksud adalah bukan hanya gula yang Anda tambahkan pada kopi, teh, atau makanan manis lainnya, tetapi asupan lain dari makanan yang Anda pikir bebas gula.

Coba cek menu sarapan Anda. Sarapan nasi goreng dengan saus tomat dan jus jeruk atau roti dengan segelas susu sudah menembus angka 20 gram asupan gula. Tanpa disadari, begitu banyak makanan yang kita konsumsi ternyata mengandung gula, bahkan yang menurut Anda memiliki kadar gula sedikit, justru kandungan gulanya cukup tinggi.

Berikut adalah beberapa makanan yang tanpa Anda ketahui ternyata mengandung kadar gula tinggi:

1. Saus Tomat

Beberapa makanan memang lezat bila dilengkapi dengan saus tomat. Namun saus tomat mengandung kadar gula yang tinggi. Rata-rata terdapat 27 gram gula di setiap 100 gram saus tomat.

2. Selai Kacang

Mungkin Anda berpikir bahwa tidak ada gula dalam label kemasan selai kacang ini. Coba cek kembali dan cari ‘karbohidrat’ dalam ukuran gram. Itu adalah gula dalam selai kacang kesukaan Anda.

3. Salad

Tidak ada yang salah dengan salad. Tapi biasanya salad dihidangkan dengan “dressing” atau saus. Nah, dressing itu mengandung banyak gula. Apalagi yang menggunakan istilah “low-fat”. Kenapa? Karena saat lemak diambil, pabrik menambahkan gula untuk menjaga rasa.

4. Yogurt dengan Perasa

Bagi Anda yang gemar yogurt, ternyata makanan ini mengandung banyak gula. Beberapa bahkan mencapai 20 gram kandungan gula per porsinya. Lebih sehat bila Anda memakan yogurt tanpa perasa atau plain yogurt lalu menambahkan sedikit madu untuk rasa manisnya.

5. Makanan Kalengan

Berapa banyak makanan kalengan di lemari es Anda? Sebanyak itulah gula yang akan masuk ke tubuh Anda. Batasi konsumsi sayuran dan buah kaleng, beralih segera ke sayur dan buah segar.

 

Sumber:

http://www.health24.com/tools/Slideshows/1891-4704-4797,62734.asp

http://www.womenshealthmag.com/nutrition/addictive-sugar-habits

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Biologi, Diet, Gaya Hidup, Kesehatan, Makanan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s