cara membuat CD image atau file image bahagian 2(dengan Nero)

Pernah waktu maen game, entah itu Emulator PS 1 atau 2, tiba-tiba macet alias ngadat ditengah-tengah permainan,  lumasan kesal kan?. Setelah di selidiki, ternyata DVD Rom-nya udah gak nge-lawan lagi, alias opticnya kali ya udah lemah?. Mau beli DVD Rom baru, ga ada duitnya. Ni,,, ada solusinya.

Yang perlu diketahui kapasitas hardisk yang terpakai untuk membuat sebuah cd images games ini sama besarnya dengan kapasitas CD gamesnya. Seandainya umpama misalnya CD game ini berukuran 600 Mb, maka image yang akan dibuat juga akan berukuran sama. Intinya, file image games ini adalah salinan dari sebuah CD games. Jadi tanpa sebuah CD games, kita tetap dapat memainkan games tersebut dari hard disk.

Selain keperluan diatas juga bisa digunakan untuk copy CD Windows Alias cd yang jalanya perlu lewat Booting atau contoh lainnya seprti CD Hirens Bootable yang kita copy ke flash disk untuk sementara karena mo diburning ke CD yang blank Lum ada hepeng alias duit (miskin amat jadi orang) hehe,,,,,nah disinilah kita copy isi tersebut ke dalam atau kita jadiian copyan tersebut jadi file yang bertype Img atau iso.

Didalam proses pembuatannya ada banyak cara tapi disini yang saya kasih tau cuman dua cara jadi ntarnya ada bahagian 2. Software yang digunakan juga cuman 2 yaitu dengan menggunakan Nero dan ImgBurn.

Pada bahagian ini menggunakan Aplikasi Nero

Langkahnya :

  1. Masukkan CD games yang akan kita buat image ke CD / DVD rom.
  2. Buka aplikasi NERO
  3. Klik Nero Start Smart. Setelah kebuka Nero-nya, sorot mouse ke tab applications, klik “Nero Burning ROM”.
  4. Akan terbuka jendela New Compilation seperti dibawah, cancel dulu untuk memilih Drive, karena tujuan kita bukan untuk membakar CD/DVD, jadi pilih “Image Recorder”.
  5. Setelah dipilih “Image Recorder”, pada jendela yang sama pilih “New”, dan akan terbuka kembali jendela New Compilation. Arahkan mouse pada scroll bar sampai kebawah. Pilih CD-ROM (UDF/ISO) dan klik “NEW”.
  6. Akan tampil jendela baru. Drag/seret semua file dan folder CD games yang ada pada drive CD/DVD Rom ke jendela paling kiri (UDFFILEISO1). Atau klik CD/DVD Rom-nya, pada jendela yang paling kiri, klik kanan “Select All     Ctrl+A”, kemudian klik kanan lagi “Copy to Compilation    Ctrl+1″.
  7. Semua file dan folder akan disalin ke file Compilation pada jendela paling kiri.
  8. Selanjutnya klik ” Burn”,
  9. Klik “Burn” lagi,
  10. Tentukan dimana akan menyimpan file ISO / image CD games ini, secara default nama filenya adalah image. Bisa kita ganti sesuai yang kita inginkan. Misal nama file tersebut “Belalangtue”. Kemudian save.
  11. Proses pembuatan Image CD game akan berjalan, tungguin. Biar gak  bosen sambil ngerokok minum kopi (bagi yang ngerokok + ngopi) bagi yang nggak  manyun aja, plototin tuch layar monitor yang penting jangan ditelen tuh monitor hehe.
  12. Setelah diproses, image yang kita buat tadi akan berakhiran/berekstensi ISO. Misal nama file tersebut “Belalangtue” akan menjadi “belalangtue.iso”. Selesai……..

Truz gimana caranya maenin Gamesnya? Harus buat Virtual CD/DVD. Terserah pake apa aja. kalo disini pake software gratisan ‘DAEMON Tools Lite’. Download dan Install software ini. Dari sini kita bisa masukkin file CD images yang baru kita buat tadi. Apaan tuch Virtual CD/DVD? Adalah suatu cara untuk menambah Drive CD/DVD ROM. Tetapi bukan hardware, melainkan melalui suatu aplikasi atau software. Setelah ‘DAEMON Tools Lite’ ini terinstall di PC, pada bar windows, klik kanan, klik “mount image” cari dan pilih dimana kita meletakkan file images games yang kita buat tadi. Selanjutnya, tinggal setting pada emulator PS-nya dimana meletakkan sumber drive CD/DVD ROM yang yang akan dimainkan.

Selesai dech,,,kalo gak selesai coba lagi,,,,,,,semoga bermanfaat,,,,,,,,,,,,,,

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Computer, tutorial dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke cara membuat CD image atau file image bahagian 2(dengan Nero)

  1. rahdi berkata:

    kalo mau bikin ISO pc games yg pake 2 cd gimana cara? apa dibuat ISO masing2 or semua file di CD 1 and CD 2 di copy paste dulu ke dalam satu folder?

  2. Anonim berkata:

    oke mantap gan, thanks banget yo brader 🙂

Tinggalkan komentar