Tujuan Penelitian

Tujuan Penelitian

Secara umum ada empat tujuan utama :
  1. Tujuan Exploratif (Penemuan) : menemukan sesuatu yang baru dalam bidang tertentu
  2. Tujuan Verifikatif (Pengujian): menguji kebenaran sesuatu dalam bidang yang telah ada
  3. Tujuan Developmental (Pengembangan) : mengembangkan sesuatu dalam bidang yang telah ada
  4. Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, Disertasi)

Peranan Penelitian

  1. Pemecahan Masalah, meningkatkan kemampuan untuk menginterpretasikan fenomena-fenomena dari suatu masalah yang kompleks dan kait-mengkait
  2. Memberikan jawaban atas pertanyaan dalam bidang yang diajukan, meningkatkan kemampuan untuk menjelaskan atau menggambarkan fenomena-fenomena dari masalah tersebut
  3. Mendapatkan pengetahuan / ilmu baru

Persyaratan Penelitian

  1. Mengikuti konsep ilmiah
  2. Sistematis/Pola tertentu
  3. Terencana
Penelitian dikatakan baik bila
  1. Purposiveness, Tujuan yang jelas
  2. Exactitude, Dilakukan dengan hati-hati, cermat, teliti
  3. Testability, Dapat diuji atau dikaji
  4. Replicability, Dapat diulang oleh peneliti lain
  5. Precision and Confidence, Memiliki ketepatan dan keyakinan jika dihubungkan dengan populasi atau sampel
  6. Objectivity, Bersifat objektif
  7. Generalization, Berlaku umum
  8. Parismony, Hemat, tidak berlebihan
  9. Consistency, data/ungkapan yang digunakan harus selalu sama bagi kata/ungkapan yang memiliki arti sama
  10. Coherency, Terdapat hubungan yang saling menjalin antara satu bagian dengan bagian lainnya.

Prosedur / Langkah-Langkah Penelitian

Garis besar :
  1. Pembuatan rancangan
  2. Pelaksanaan penelitian
  3. Pembuatan laporan penelitian
Bagan arus kegiatan penelitian
  1. Memilih Masalah ( memerlukan kepekaan)
  2. Studi Pendahuluan (studi eksploratoris, mencari informasi)
  3. Merumuskan Masalah (jelas, dari mana harus mulai, ke mana harus pergi dan dengan apa)
  4. Merumuskan anggapan dasar (sebagai tempat berpijak, (hipotesis))
  5. Memilih pendekatan(metode atau cara penelitian, jenis / tipe penelitian)sangat menentukan variabel apa, objeknya apa, subjeknya apa, sumber datanya di mana
  6. Menentukan variabel dan Sumber data : Apa yang akan diteliti? Data diperoleh dari mana?
  7. Menentukan dan menyusun instrumen : apa jenis data, dari mana diperoleh? Observasi, interview, kuesioner?
  8. Mengumpulkan data :  dari mana, dengan cara apa?
  9. Analisis data :  memerlukan ketekunan dan pengertian terhadap data. Apa jenis data akan menentukan teknis analisisnya
  10. Menarik kesimpulan :  memerlukan kejujuran, apakah hipotesis terbukti?
  11. Menyusun laporan :  memerlukan penguasaan bahasa yang baik dan benar.

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Kuliah Biologi, Pendidikan, Statistik dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s