Kesalahan Cara Diet yang Kerap Dilakukan

Tahun 2012 sudah berlalu dan kita sudah memasuki tahun 2013. Memasuki tahun baru ini, tentunya banyak sekali harapan-harapan baru yang ingin Anda capai. Apakah mengurangi berat badan menjadi salah satu resolusi Anda di tahun 2013? Kelebihan berat badan memang dapat memicu banyak penyakit. Salah satu cara menurunkan berat badan yang umum dilakukan banyak orang adalah dengan melakukan diet. Agar diet Anda tidak salah, simak beberapa hal di bawah ini:

  • Mengurangi Makan secara Ekstrim
    Anda sudah merencanakan menurunkan berat badan sekian kilogram di tahun 2013. Resolusi sudah dicanangkan. Lalu Anda mulai mengurangi makan secara drastis. Secara tidak sadar, Anda telah melakukan pemangkasan 1.000 kalori per hari. Di masa-masa awal, diet Anda berhasil dan mengalami penurunan berat badan. Tapi jangan senang dulu, tepat di saat Anda menghentikan pemangkasan kalori ini, berat badan Anda dengan cepat akan kembali ke awal saat memulai diet. Kenapa? Karena saat Anda melakukan pemangkasan asupan kalori secara ekstrim, Anda mulai kehilangan massa tubuh dan lemak. Ketika hal ini terjadi, tubuh Anda mulai bekerja dengan pelan. Tubuh Anda yang pintar itu mulai melakukan pekerjaannya dengan sangat efisien sehingga tidak memerlukan banyak kalori. Ketika Anda kembali ke kebiasaan lama, kalori berlebih itu akan disimpan sebagai lemak.
  • Bolos Sarapan
    Ini yang paling sering dilakukan saat mengawali diet. Tenyata kegiatan membolos sarapan ini bisa jadi bumerang buat Anda. Tidak sarapan dapat memperbesar kemungkinan ngemil dalam jumlah banyak untuk menutupi rasa lapar dan mengakibatkan makan siang Anda menjadi lebih banyak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarapan justru mampu mengurangi lapar sepanjang hari dan menjaga berat badan ideal.
  • Makanan Selingan
    Makanan selingan ini sering juga disebut cemilan. Aktivitas ini harus dikontrol sepenuhnya. Bila mengurangi berat badan menjadi prioritas Anda, catat dan ingat cemilan apa saja yang sudah Anda makan hari ini. Sebenarnya makanan selingan ini dianjurkan untuk tetap menjaga metabolisme tubuh sepanjang hari. Pilihlah cemilan yang sehat, seperti kacang-kacangan yang mengandung protein.
  • Minum Apa Hari Ini?
    Sudah menjaga asupan makanan tapi tidak banyak berpengaruh pada barat badan? Coba cek asupan minuman Anda. Kopi dan berbagai minuman cola mengandung kalori yang tinggi. Minuman berkalori tinggi tidak akan membuat Anda kenyang, akhirnya kalori itu akan terakumulasi dengan kalori di makanan Anda.  Lebih baik Anda perbanyak minum air putih yang jelas-jelas bermanfaat bagi tubuh.
  • Diet Tanpa Gerak Fisik
    Ketika Anda berdiet, Anda sedang membebankan seluruh program penurunan berat badan Anda pada pembatasan makanan. Mulailah untuk menjadwalkan gerak fisik pada aktivitas harian Anda. Gerak fisik 15-30 menit per hari akan membuat Anda lebih segar dan tentunya Anda bisa sedikit lebih leluasa untuk makan karena kalori akan terbakar dengan baik saat Anda melakukan kegiatan fisik tersebut. Kuncinya adalah menemukan kegiatan gerak fisik  yang Anda suka. Bila lari terasa membosankan, cobalah aerobik atau ikuti kelas menari. Bila Anda lebih memilih olahraga, lakukan berenang atau tenis meja. Semakin Anda bergerak, semakin banyak kalori yang terbakar.

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Diet, Gaya Hidup, Kesehatan, Turun Berat Badan dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s