Jenis dan Manfaat Sumber Belajar

Jenis dan Manfaat Sumber Belajar

Association Educational Comunication and Tehnology AECT (Suratno, 2008) The Definition of Educational Technology (1977) mengklasifikasikan sumber belajar menjadi 6 macam:

  1. Pesan (Message) ialah informasi yang diteruskan oleh komponen lain dalam bentuk ide atau gagasan, fakta, pengertian dan data.
  2. Manusia (people) ialah orang yang bertindak sebagai penyimpan informasi sangatlah tepat apabila dikatakan bahwa manusia adalah sumber dari segala sumber belajar.
  3. Bahan (materials) ialah perangkat lunak yang mengandung pesan disajikan kepada peserta didik dengan menggunakan perantara melalui alat/perangkat keras ataupun oleh dirinya sendiri.
  4. Peralatan (device) ialah peralatan yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan dalam bahan (materials).
  5. Teknik/metode (tecnique) yaitu prosedur atau alur yang dipersiapkan dalam mempergunakan bahan pelajaran, peralatan situasi dan orang untuk menyampaikan pesan. Contoh sumber belajar yang dirancang adalah ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan sebagainya.
  6. Lingkungan (setting) yaitu situasi atau suasana sekitar di mana pesan disampaikan/ditransmisikan baik lingkungan fisik, ruang kelas, gedung sekolah, atau nonfisik.

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Biologi, Kuliah Biologi, Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Jenis dan Manfaat Sumber Belajar

  1. eling7 berkata:

    wah cuma itu2 saja yang ditampilin sich

  2. Lesprivat bpUI berkata:

    Salam Prestasi dan sukses

Tinggalkan komentar