Program Komputer Statistik

Program Komputer Statistik

Saat ini banyak beredar berbagai paket program komputer statistik, dari yang “kuno” dan berbasis DOS seperti Microstat sampai program berbasis Windows seperti SPSS, SAS, Statistica, Eviews, Minitab, dan lainnya. Pada dasarnya, program komputer yang berhubungan dengan pengolahan data statistik bisa dibagi menjadi tiga kelompok:

  1. Membuat Sendiri Program Statistik
  2. Perhitungan statistik bisa dibuat sendiri untuk kegunaan tertentu dengan bahasa BASIC, PASCAL, dan lainnya. Walaupun mampu menghasilkan output yang memadai, namun kecuali untuk kegunaan yang bersifat khusus, pembuatan program sendiri tidak populer dilakukan saat ini.

  3. program Statistik Sebagaiadd- Ins Dari Program Lain
  4. Perhitungan statistik bisa juga dilakukan lewat program yang sebenarnya tidak difokuskan pada persoalan statistik, namun mampu memproses data- data statistik dengan cukup memadai. Sebagai contoh, software spreadsheet Microsoft Excel yang mempunyai ADD-INS (program bantu), di mana dengan menginstal menu ANALYSIS TOOLPAK, bisa didapatkan serang- kaian prosedur statistik yang memadai.

  5. Program Khusus Komputer Statistik
  6. Pengolahan data statistik, sejalan dengan makin spesialisasinya banyak software, bisa dilakukan dengan software yang khusus digunakan untukpengolahan data statistik. Sofware seperti itu hanya melakukan pengolahan data statistik deskriptif maupun induktif, menyajikan berbagai grafik yang relevan untuk membantu pengambilan keputusan di bidang statistik. Contoh program tersebut seperti Microstat, SAS, Micro TSP, MINITAB, Eviews, SPSS, dan sebagainya.

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Computer, Kuliah Biologi, Pendidikan, SPSS, Statistik dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s