Cara Dual Boot Windows 7 dan Ubuntu 9.10 (Karmic Koala)

Postingan ini dibuat setelah berhasil membuat dual boot Windows 7 dan Ubuntu. Ceritanya laptop yang sebelumnya menggunakan Windows XP dan Ubuntu 9.04 (Jauty Jackalope) ketika upgrade menjadi Windows 7 dan Ubuntu 9.10 (Karmic Koala), namun ada partisi yang salah pada instalasi sebelumnya yaitu ada partisi yang unallocated dan tidak digunakan…sayang kan jadinya space hard drive gak digunakan. Nah untuk itu  ingin diperbaiki kesalahan ini sekaligus aja meng-upgrade os Windows dan Ubuntu.
Permasalahan yang terjadi adalah ketika melakukan upgrade Windows XP ke Windows 7 boot loader hilang, namun hal ini bisa diatasi dengan melakukan sedikit konfigurasi pada MBR yang terhapus dan boot loader kembali lagi, dan bisa masuk ke Windows 7 dan Ubuntu dengan baik. Namun ketika ingin mengupgrade Ubuntu, Ubuntu tidak mengenali partisi Windows 7 sebagai operating system. Hal ini sangat aneh, padahal ketika lihat menggunakan Partition Magic, semua partisi di komputer  dikenali.
Nah, akhirnya coba cari jawabannya dengan menggunakan jasa om Google, dan akhirnya bisa mengatasi semua permasalahan itu dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:
[catatan: Backup terlebih dahulu data-data Anda pada USB flash disk atau hard drive eksternal]
1. Lakukan booting dengan CD Ubuntu 9.10 Karmic Koala.
2. Buka terminal dan jalankan Gparted>sudo gparted
3. Buat sebuah partisi NTFS.

4. Quit GParted, dan reboot.
5. Booting dengan CD Windows 7.
6. Ketika ada pilihan dimana menginstall, pilih partisi ntfs yang telah Anda buat pada langkah 3 dan klik next.
7. Instalasi Windows 7 akan berjalan.

8. Setelah instalasi Windows 7 selesai dengan sempurna, booting dengan menggunakan CD Ubuntu lagi dan lakukan instalasi Ubuntu 9.10 Karmic Koala pada partisi yang kosong.
9. Seharusnya Ubuntu sudah mengenali partisi Windows 7 sekarang sebagai Partisi Windows 7 dan sekarang Anda bisa melakukan dual boot.
Jadi intinya dari postingan kali ini adalah, jika Anda membuat partisi awal dengan menggunakan CD Windows 7, maka Ubuntu 9.10 Karmic Koala tidak akan mengenali partisi sebagai operating system. Jika Anda menggunakan aplikasi partisi dari pihak ketiga seperti GParted, dan melakukan instalasi Windows maka skenario berikutnya akan berjalan sesuai keinginan.

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di Computer, pemrograman, tutorial dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s