BERBAGAI TIPE GRAFIK FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN MS EXCEL

Tipe grafik fungsi, baik fungsi linier maupun fungsi kuadrat ada berbagai macam. Untuk memperkenalkan berbagai macam tipe grafik fungsi dapat menggunakan aplikasi Ms Excel. Dengan menggunakan Ms. Excel dapat menunjukkan  kedudukan  titik-titik  pada  grafik  fungsi,  dan  dapat  juga  menunjukkan  pengaruh  koefisien    pada grafik fungsi linier, serta menunjukkan pengaruh koefisien  pada grafik fungsi kuadrat.

Dalam    dunia    pendidikan,    komputer    mempunyai    potensi    besar    untuk meningkatkan  kualitas  pembelajaran.  Banyak hal  abstrak  atau  imajinatif  yang  sulit  dipikirkan  mahasiswa atau siswa  dapat  dipresentasikan  melalui simulasi  komputer.  Hal  ini  akan  lebih  menyederhanakan  jalan  pikiran  Anda  dalam memahami statistik.

Pada  saat  pembelajaran  mengenai  fungsi,  baik  fungsi  linier  maupun  fungsi kuadrat, seringkali Kita, kesulitan dalam menggambarkan grafik fungsinya.  Permasalahan  sering  muncul  saat  menentukan  titik  perpotongan  grafik dengan sumbu x, titik perpotongan grafik dengan sumbu y, dan titik puncak dari suatu fungsi kuadrat. Kesalahan saat menentukan titik perpotongan grafik dengan sumbu x, titik perpotongan grafik dengan sumbu y, dan titik puncak sangat berpengaruh dalam menggambarkan  grafik  fungsi  kuadrat.  Untuk  fungsi  linier  biasanya   kita  sering kesulitan  menentukan  kemiringan  garis, dan  saat  menggambarkan  grafiknya kita masih kebingungan saat menentukan garis fungsi linier tersebut haruskah condong ke kanan ataukah ke kiri.

Anda  tentunya  tidak  asing  lagi  dengan  Ms  Excel,  karena    merupakan salah  satu  materi  yang  wajib  dipelajari mungkin pada aplikasi komputer untuk bekal sebuah penelitian untuk tugas akhir kuliah.

A. Fungsi Linier

a. Bentuk umum fungsi linier

b. Menggambar sketsa grafik fungsi linier

B. Fungsi Kuadrat

a. Fungsi kuadrat f

b. Menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat

Untuk kelanjutan artikel ini yang lebih lengkap  serta ada contoh-contoh kasus beserta gambar tutorialnya bisa anda download di sini

Tentang belalangtue

manusia biasa yang ingin terus belajar.............
Pos ini dipublikasikan di excel, Statistik, tutorial dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke BERBAGAI TIPE GRAFIK FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN MS EXCEL

  1. melajahmatik berkata:

    nice info 😀

Tinggalkan komentar